Senin, 01 Desember 2014

Kisi-kisi UAS 1 TP 2014-2015



Kelas                      : 12 (dua belas) IPA/IPS

NO
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
MATERI POKOK
SEMESTER
INDIKATOR SOAL
NOMOR SOAL
1
Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang anjuran bertoleransi
Membaca Q.S Al- Kāfirūn, Q.S Yunus: 40-41 dan Q.S Al-Kahfi: 29
Q.S Al-Kāfirūn
1
Peserta didik dapat menyebutkan letak ayat yang dijadikan nama suratnya
1
Menyebutkan arti Q.S Al- Kāfirūn, Q.S Yunus: 40-41 dan Q.S Al-Kahfi: 29
Q.S Al-Kahfi: 29
Peserta didik dapat mengartikan Q.S Al-Kahfi: 29 dengan baik dan benar
2
2
Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang etos kerja
Membaca Q.S Al-Mujādalah: 11 dan Q.S Al-Jumū’ah: 9-10
Q.S Al-Mujādalah: 11
Peserta didik dapat menyebutkan istilah Q.S Mujādalah dilihat dari turunnya surat tersebut
3
Menampilkan perilaku etos kerja sesuai dengan Q.S Al-Mujādalah: 11 dan Q.S Al-Jumū’ah: 9-10
Q.S Al-Jumū’ah: 9-10
Peserta didik dapat menunjukkan kandungan Q.S Al-Jumū’ah: 9-10
4
3
Meningkatkan keimanan kepada hari akhir
Menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap hari akhir
Hari akhir
Peserta didik dapat menyebutkan amal yang pertama kali dihisab oleh Allah SWT

5
Peserta didik dapat menunjukkan kondisi yang terjadi saat seseorang menerima perhitungan amalnya
6
Menerapkan hikmah beriman kepada hari akhir
Peserta didik dapat mengidentifikasi perilaku iman terhadap hari akhir
7
Peserta didik dapat mengidentifikasi hikmah iman terhadap hari akhir
8
4
Membiasakan perilaku terpuji
Menjelaskan pengertian adil, ridho dan amal sholeh
Adil, Ridho dan Amal Sholeh
Peserta didik dapat menyebutkan pengertian adil
9
Menampilkan contoh-contoh perilaku adil, ridho dan amal sholeh
Peserta didik dapat menunjukkan contoh perilaku adil dalam keluarga
10
Membiasakan perilaku adil, ridho dan amal sholeh
Peserta didik dapat mengidentifikasi perilaku ridho terhadap hukum Allah SWT
11
5
Memahami sumber hukum Islam tentang hukum keluarga
Menjelaskan ketentuan hukum perkawinan dalam Islam
Nikah
1
Peserta didik dapat menyebutkan kelompok yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW untuk menikah
12
Peserta didik dapat mengidentifikasi tujuan pernikahan
13
Peserta didik dapat menyebutkan hukum nikah bagi orang yang tidak mampu menahan diri dari perbuatan zina
14
Peserta didik dapat menunjukkan syarat dan rukun nikah
15
Peserta didik dapat mengidentifikasi syarat sebagai wali nikah
16
1
Peserta didik dapat menyebutkan istilah bagi orang yang menikahkan pengantin dari pemerintah
17
Peserta didik dapat menunjukkan kewajiban sebagai seorang suami
18
Cerai
Peserta didik dapat menyebutkan istilah yang tepat dalam melepas ikatan perkawinan
19
Peserta didik dapat menyebutkan istilah lepasnya ikatan perkawinan yang didahului oleh tebusan istri
20
Peserta didik dapat menyebutkan istilah lepasnya perkawinan karena sumpah suami yang tidak akan meniduri istrinya
21
Peserta didik dapat menyebutkan istilah kembalinya suami pada istrinya selama masa iddah
22
Peserta didik dapat menunjukkan masa iddah bagi istri yang sedang hamil
23
Menjelaskan hikmah perkawinan
Tujuan pernikahan
Peserta didik dapat menunjukkan syarat agar tercipta masyarakat yang sempurna dan hubungan yang harmonis
24
Peserta didik dapat menyebutkan tujuan pernikahan sesuai QS. Ar-Rūm: 21
25
Menjelaskan ketentuan perkawinan menurut perundang-undangan di Indonesia
UU RI tentang perkawinan
Peserta didik dapat menyebutkan ketentuan perundangan di RI tentang perkawinan
26
6
Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang pengembangan IPTEK
Membaca Q.S Yunus: 101 dan  Q.S Al-Baqarah: 164
Q.S Yunus: 101
2
Peserta didik dapat menyimpulkan kandungan Q.S Yunus: 101
27
Melakukan pengembangan IPTEK  seperti yang terkandung dalam Q.S Yunus: 101 dan  Q.S Al-Baqarah: 164
Q.S Al-Baqarah: 164
Peserta didik dapat menyimpulkan kandungan Q.S Al-Baqarah: 164
28
7
Meningkatkan keimanan kepada qadha dan qadar
Menjelaskan tanda-tanda beriman kepada qadha dan qadar
Iman kepada qadha dan qadar
Peserta didik dapat menyebutkan pengertian qadha
29
Peserta didik dapat menyebutkan istilah penyerahan total kepada Allah setelah berusaha sekuatnya
30
Menerapkan hikmah beriman kepada qadha dan qadar
Peserta didik dapat mengidentifikasi cara yang baik dalam berikhtiar
31
Peserta didik dapat mengidentifikasi manfaat iman kepada qadha dan qadar
32
8
Membiasakan perilaku terpuji
Menjelaskan pengertian dan maksud persatuan dan kerukunan
Persatuan dan kesatuan
Peserta didik dapat menunjukkan makna sekumpulan orang yang memiliki tujuan yang sama
33
Menampilkan contoh perilaku persatuan dan kerukunan
Peserta didik dapat melengkapi terjemahan hadits Rasulullah SAW tentang memutuskan tali silaturahim
34
Membiasakan perilaku persatuan dan kesatuan dalam kehidupan sehari-hari
Peserta didik dapat mengidentifikasi perilaku terpuji yang wajib dilakukan terhadap tetangga
35
9
Menghindari perilaku tercela
Menjelaskan pengertian isyrof, tabzir, ghibah dan fitnah
isyrof, tabzir, ghibah dan fitnah
Peserta didik dapat menyebutkan istilah bagi orang yang melampaui batas
36
Peserta didik dapat menunjukkan pengertian tabzir menurut ibnu Mas’ud
37
Peserta didik dapat menyebutkan istilah yang tepat untuk kabar atau berita yang tidak benar
38
Menjelaskan contoh perilaku isyrof, tabzir, ghibah dan fitnah
Peserta didik dapat mengidentifikasi perilaku yang termasuk melampaui batas
39
Peserta didik dapat melengkapi terjemahan hadits Nabi SAW tentang seseorang yang berlebihan dalam ibadah
40
Peserta didik dapat menunjukkan istilah perilaku yang berlebihan ketika berbuka puasa
41
Peserta didik dapat menyebutkan istilah perilaku yang berlebihan dalam membelanjakan harta
42
Peserta didik dapat menyebutkan contoh perilaku fitnah
43
Menghindari perilaku isyrof, tabzir, ghibah dan fitnah dalam kehidupan sehari-hari
Peserta didik dapat mengidentifikasi cara menghindari perilaku ghibah
44
10
Memahami sumber hukum Islam tentang waris
Menjelaskan ketentuan hukum waris
Dalil Quran tentang warisan
Peserta didik dapat menyebutkan dalil Quran tentang pembagian warisan

45
Ketentuan hukum Islam tentang warisan
Peserta didik dapat menunjukkan ilmu yang mempelajari pembagian warisan dalam hukum Islam
46
Peserta didik dapat menyebutkan sebab ahli waris berhak mendapatkan warisan
47
Peserta didik dapat mengidentifikasi kewajiban yang harus ditunaikan sebelum harta warisan dibagikan
48
Menjelaskan contoh pelaksanan hukum waris
Penerapan hukum waris dalam kehidupan
Peserta didik dapat menghitung pembagian waris bagi anak perempuan 
49
Peserta didik dapat menyebutkan hak waris suami yang memiliki anak
50

Tidak ada komentar:

Posting Komentar