Kelas :
12 (dua belas) IPA/IPS
NO
|
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI POKOK
|
SEMESTER
|
INDIKATOR SOAL
|
NOMOR SOAL
|
1
|
Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang anjuran
bertoleransi
|
Membaca Q.S Al- Kāfirūn, Q.S Yunus: 40-41 dan Q.S Al-Kahfi: 29
|
Q.S Al-Kāfirūn
|
1
|
Peserta didik dapat menyebutkan
letak ayat yang dijadikan nama suratnya
|
1
|
Menyebutkan arti Q.S Al- Kāfirūn, Q.S Yunus: 40-41 dan Q.S
Al-Kahfi: 29
|
Q.S
Al-Kahfi: 29
|
Peserta didik dapat mengartikan
Q.S Al-Kahfi: 29 dengan baik dan benar
|
2
|
|||
2
|
Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang etos kerja
|
Membaca Q.S Al-Mujādalah: 11 dan Q.S
Al-Jumū’ah: 9-10
|
Q.S
Al-Mujādalah: 11
|
Peserta didik dapat menyebutkan
istilah Q.S Mujādalah
dilihat dari turunnya surat tersebut
|
3
|
|
Menampilkan perilaku etos kerja sesuai dengan Q.S
Al-Mujādalah: 11 dan Q.S Al-Jumū’ah: 9-10
|
Q.S
Al-Jumū’ah: 9-10
|
Peserta
didik dapat menunjukkan kandungan Q.S Al-Jumū’ah: 9-10
|
4
|
|||
3
|
Meningkatkan
keimanan kepada hari akhir
|
Menampilkan
perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap hari akhir
|
Hari akhir
|
Peserta
didik dapat menyebutkan amal yang pertama kali dihisab oleh Allah SWT
|
5
|
|
Peserta
didik dapat menunjukkan kondisi yang terjadi saat seseorang menerima
perhitungan amalnya
|
6
|
|||||
Menerapkan
hikmah beriman kepada hari akhir
|
Peserta didik
dapat mengidentifikasi perilaku iman terhadap hari akhir
|
7
|
||||
Peserta
didik dapat mengidentifikasi hikmah iman terhadap hari akhir
|
8
|
|||||
4
|
Membiasakan perilaku terpuji
|
Menjelaskan
pengertian adil, ridho dan amal sholeh
|
Adil, Ridho
dan Amal Sholeh
|
Peserta
didik dapat menyebutkan pengertian adil
|
9
|
|
Menampilkan
contoh-contoh perilaku adil, ridho dan amal sholeh
|
Peserta
didik dapat menunjukkan contoh perilaku adil dalam keluarga
|
10
|
||||
Membiasakan
perilaku adil, ridho dan amal sholeh
|
Peserta
didik dapat mengidentifikasi perilaku ridho terhadap hukum Allah SWT
|
11
|
||||
5
|
Memahami sumber hukum Islam tentang hukum keluarga
|
Menjelaskan
ketentuan hukum perkawinan dalam Islam
|
Nikah
|
1
|
Peserta
didik dapat menyebutkan kelompok yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW untuk
menikah
|
12
|
Peserta
didik dapat mengidentifikasi tujuan pernikahan
|
13
|
|||||
Peserta
didik dapat menyebutkan hukum nikah bagi orang yang tidak mampu menahan diri
dari perbuatan zina
|
14
|
|||||
Peserta
didik dapat menunjukkan syarat dan rukun nikah
|
15
|
|||||
Peserta
didik dapat mengidentifikasi syarat sebagai wali nikah
|
16
|
|||||
1
|
Peserta
didik dapat menyebutkan istilah bagi orang yang menikahkan pengantin dari
pemerintah
|
17
|
||||
Peserta
didik dapat menunjukkan kewajiban sebagai seorang suami
|
18
|
|||||
Cerai
|
Peserta
didik dapat menyebutkan istilah yang tepat dalam melepas ikatan perkawinan
|
19
|
||||
Peserta
didik dapat menyebutkan istilah lepasnya ikatan perkawinan yang didahului
oleh tebusan istri
|
20
|
|||||
Peserta
didik dapat menyebutkan istilah lepasnya perkawinan karena sumpah suami yang
tidak akan meniduri istrinya
|
21
|
|||||
Peserta
didik dapat menyebutkan istilah kembalinya suami pada istrinya selama masa
iddah
|
22
|
|||||
Peserta
didik dapat menunjukkan masa iddah bagi istri yang sedang hamil
|
23
|
|||||
Menjelaskan
hikmah perkawinan
|
Tujuan pernikahan
|
Peserta
didik dapat menunjukkan syarat agar tercipta masyarakat yang sempurna dan
hubungan yang harmonis
|
24
|
|||
Peserta
didik dapat menyebutkan tujuan pernikahan sesuai QS. Ar-Rūm: 21
|
25
|
|||||
Menjelaskan
ketentuan perkawinan menurut perundang-undangan di Indonesia
|
UU RI
tentang perkawinan
|
Peserta
didik dapat menyebutkan ketentuan perundangan di RI tentang perkawinan
|
26
|
|||
6
|
Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang pengembangan IPTEK
|
Membaca Q.S Yunus: 101 dan Q.S Al-Baqarah: 164
|
Q.S Yunus: 101
|
2
|
Peserta
didik dapat menyimpulkan kandungan Q.S Yunus: 101
|
27
|
Melakukan
pengembangan IPTEK seperti yang
terkandung dalam Q.S Yunus: 101 dan
Q.S Al-Baqarah: 164
|
Q.S Al-Baqarah: 164
|
Peserta
didik dapat
menyimpulkan
kandungan
Q.S Al-Baqarah: 164
|
28
|
|||
7
|
Meningkatkan keimanan kepada qadha dan qadar
|
Menjelaskan
tanda-tanda beriman kepada qadha dan qadar
|
Iman kepada
qadha dan qadar
|
Peserta
didik dapat menyebutkan pengertian qadha
|
29
|
|
Peserta
didik dapat menyebutkan istilah penyerahan total kepada Allah setelah
berusaha sekuatnya
|
30
|
|||||
Menerapkan
hikmah beriman kepada qadha dan qadar
|
Peserta
didik dapat mengidentifikasi cara yang baik dalam berikhtiar
|
31
|
||||
Peserta
didik dapat mengidentifikasi manfaat iman kepada qadha dan qadar
|
32
|
|||||
8
|
Membiasakan perilaku terpuji
|
Menjelaskan
pengertian dan maksud persatuan dan kerukunan
|
Persatuan
dan kesatuan
|
Peserta
didik dapat menunjukkan makna sekumpulan orang yang memiliki tujuan yang sama
|
33
|
|
Menampilkan
contoh perilaku persatuan dan kerukunan
|
Peserta
didik dapat melengkapi terjemahan hadits Rasulullah SAW tentang memutuskan
tali silaturahim
|
34
|
||||
Membiasakan
perilaku persatuan dan kesatuan dalam kehidupan sehari-hari
|
Peserta
didik dapat mengidentifikasi perilaku terpuji yang wajib dilakukan terhadap
tetangga
|
35
|
||||
9
|
Menghindari perilaku tercela
|
Menjelaskan
pengertian isyrof, tabzir, ghibah dan fitnah
|
isyrof,
tabzir, ghibah dan fitnah
|
Peserta
didik dapat menyebutkan istilah bagi orang yang melampaui batas
|
36
|
|
Peserta
didik dapat menunjukkan pengertian tabzir menurut ibnu Mas’ud
|
37
|
|||||
Peserta
didik dapat menyebutkan istilah yang tepat untuk kabar atau berita yang tidak
benar
|
38
|
|||||
Menjelaskan
contoh perilaku isyrof, tabzir, ghibah dan fitnah
|
Peserta
didik dapat mengidentifikasi perilaku yang termasuk melampaui batas
|
39
|
||||
Peserta
didik dapat melengkapi terjemahan hadits Nabi SAW tentang seseorang yang
berlebihan dalam ibadah
|
40
|
|||||
Peserta
didik dapat menunjukkan istilah perilaku yang berlebihan ketika berbuka puasa
|
41
|
|||||
Peserta
didik dapat menyebutkan istilah perilaku yang berlebihan dalam membelanjakan
harta
|
42
|
|||||
Peserta
didik dapat menyebutkan contoh perilaku fitnah
|
43
|
|||||
Menghindari
perilaku isyrof, tabzir, ghibah dan fitnah dalam kehidupan sehari-hari
|
Peserta
didik dapat mengidentifikasi cara menghindari perilaku ghibah
|
44
|
||||
10
|
Memahami sumber hukum Islam tentang waris
|
Menjelaskan
ketentuan hukum waris
|
Dalil Quran
tentang warisan
|
Peserta
didik dapat menyebutkan dalil Quran tentang pembagian warisan
|
45
|
|
Ketentuan
hukum Islam tentang warisan
|
Peserta
didik dapat menunjukkan ilmu yang mempelajari pembagian warisan dalam hukum
Islam
|
46
|
||||
Peserta
didik dapat menyebutkan sebab ahli waris berhak mendapatkan warisan
|
47
|
|||||
Peserta
didik dapat mengidentifikasi kewajiban yang harus ditunaikan sebelum harta
warisan dibagikan
|
48
|
|||||
Menjelaskan
contoh pelaksanan hukum waris
|
Penerapan
hukum waris dalam kehidupan
|
Peserta
didik dapat menghitung pembagian waris bagi anak perempuan
|
49
|
|||
Peserta
didik dapat menyebutkan hak waris suami yang memiliki anak
|
50
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar