Kelas : 11 (sebelas) MIA/IIS
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI POKOK
|
INDIKATOR SOAL
|
NOMOR SOAL
|
3.1. Menganalisis Q.S. An-Nisa’ (4): 59; Q.S. Al-Maidah (5) : 48; dan
Q.S. At-Taubah (9) : 105, serta hadits tentang taat, kompetisi dalam
kebaikan, dan etos kerja
|
Perilaku taat, kompetisi dalam kebaikan dan kerja keras
|
Ditampilkan kutipan salah satu ayat
Quran tentang ketaatan, peserta didik dapat melengkapi bacaan teks ayat QS. An nisa (4)
ayat 59 tersebut.
|
1
|
Ditampilkan kutipan salah satu ayat
Quran tentang kompetisi dalam kebaikan, peserta didik dapat mengartikan
penggalan teks ayat QS. Al maidah (5) ayat 48 yang digarisbawahi. وَمُهَيۡمِنًا عَلَيۡهِۖ
|
2
|
||
Ditampilkan kutipan salah satu ayat Al Qur’an
tentang kerja keras, peserta didik dapat mengidentifikasi hukum bacaan
tajwidnya mim
mati bertemu dengan ba’ pada
ayat tersebut.
|
3
|
||
Ditampilkan kutipan salah satu ayat
Quran tentang ketaatan, peserta didik dapat mengidentifikasi
hukum bacaan tajwid Nun mati bertemu dengan ta pada ayat tersebut.
|
4
|
||
Ditampilkan kutipan salah satu ayat
Quran tentang kompetisi dalam kebaikan, peserta didik dapat mengartikan
penggalan teks ayat Quran yang digarisbawahi.
|
5
|
||
3.2.
Menganalisis Q.S. Yunus (10) : 40-41
dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32, serta hadits tentang toleransi dan menghindarkan
diri dari tindak kekerasan
|
Sikap toleran, rukun dan menghindarkan diri dari
tindak kekerasan
|
Ditampilkan kutipan salah satu ayat
Quran tentang toleransi, peserta didik dapat melengkapi bacaan teks ayat
tersebut. QS. Yunus ayat 40
|
6
|
Ditampilkan kutipan salah satu ayat
Quran tentang kerukunan, peserta didik dapat mengartikan penggalan teks ayat
Quran yang digarisbawahi. QS. Al maidah ayat 32
|
7
|
||
Ditampilkan kutipan salah satu ayat Al Qur’an
tentang toleransi, peserta didik dapat mengidentifikasi hukum bacaan
tajwidnya pada ayat tersebut. QS. Yunus ayat 41
|
8
|
||
Ditampilkan kutipan salah satu ayat
Quran tentang toleransi, peserta didik dapat mengidentifikasi
hukum bacaan tajwid Nun mati bertemu dengan Ya pada
ayat tersebut.40
|
9
|
||
Ditampilkan kutipan salah satu ayat
Quran tentang toleransi, peserta didik dapat mengartikan penggalan teks ayat
Quran yang digarisbawahi. QS. Al maidah ayat 32
|
10
|
||
3.3. Memahami makna iman kepada Kitab-kitab Allah SWT
|
Iman kepada Kitab-kitab Allah swt
|
Disajikan narasi tentang hakikat
seorang mukmin, peserta didik dapat menentukan arti Quran secara bahasa
|
11
|
peserta didik dapat menentukan arti
dari suhuf
|
12
|
||
peserta didik dapat menentukan cara
mengimani al quran secara ijmali
|
13
|
||
peserta didik dapat menentukan
fungsi beriman kepada kitab-kitab Allah swt
|
14
|
||
Disajikan narasi tentang kitab-kitab yang
diturunkan, peserta didik menentukan pasangan kitab dan Rasul yang
menerimanya
|
15
|
||
peserta didik dapat menentykan
bukti kemukjizatan Al quran
|
16
|
||
peserta didik dapat menentukan
waktu turunnya Al quran
|
17
|
||
Disajikan ilustrasi tentang kehidupan manusia
yang beriman kepada kitab-kitab Allah SWT, peserta didik dapat menentukan
hikmah beriman kepada al Quran.
|
18
|
||
3.4. Memahami makna iman kepada Rasul-rasul Allah SWT
|
Makna iman kepada Rasul-rasul Allah SWT
|
peserta didik dapat
menyebutkan pengertian ulul azmi secara bahasa
|
19
|
Disajikan ilustrasi sifat-sifat wajib bagi
Rasul, siswa dapat
menentukan sifat wajib bagi Rasul
|
20
|
||
peserta didik dapat
mengidentifikasi sifat wajib bagi Rasul. Siddiq, tabligh, amanah
|
21
|
||
peserta didik dapat menentukan
sikap yang mencerminkan beriman kepada Rasul Allah
|
22
|
||
Disajikan narasi tentang kehidupan Rasulullah
SAW, peserta didik dapat menunjukkan Rasul yang mendapat gelar ulul azmi
|
23
|
||
Disajikan
cerita dari Nabi Nuh as dengan kesabarannya.peserta
didik dapat menentukan teladan dari para Rasul
|
24
|
||
peserta didik dapat menentukan
contoh perilaku iman kepada Rasul Allah swt
|
25
|
||
Di
sajikan kisah Nabi Ibrahim as.peserta
didik dapat menentukan perilaku yang dapat di contohkan dalam
kehidupan sehari-hari
|
26
|
||
3.5. Memahami makna taat kepada aturan, kompetisi dalam kebaikan, dan
bekerja keras
|
Makna taat kepada aturan, kompetisi dalam
kebaikan, dan bekerja keras
|
peserta didik dapat menentukan Taat
secara bahasa
|
27
|
peserta didik dapat menetukan
contoh perilaku taat
|
28
|
||
peserta didik dapat menentukan
semangat fastabiqul khairat
|
29
|
||
peserta didik dapat menetukan
contoh perilaku ketaatan
|
30
|
||
peserta didik dapat menentukan
dalil Al quran yang menjelaskan pentingnya berkompetisi dalam kebaikan
|
31
|
||
peserta didik dapat
mengaplikasikan pengertian secara istilah dari kompetisi dalam kebaikan dan
kerja keras
|
32
|
||
Disajikan
sebuah hadits HR. Bukhori. peserta
didik dapat menentukan maksud hadits tersebut
|
33
|
||
peserta didik dapat menentukan
hikmah kerja keras
|
34
|
||
3.6. Memahami makna toleransi dan kerukunan
|
Toleransi dan kerukunan
|
peserta didik dapat menyebutkan
pengertian toleransi dalam bahasa arab
|
35
|
peserta didik dapat menentukan
perilaku
toleransi dalam kehidupan sehari-hari
|
36
|
||
peserta didik dapat
mengidentifikasi pengertian dari istilah
|
37
|
||
peserta didik dapat
menyebutkan contoh perilaku toleransi dalam kehidupan sehari-hari. Batasan
toleransi sesuai QS. Al kafirun ayat 6
|
38
|
||
peserta didik dapat menentukan
pemberian Allah kepada manusia yang di gunakan untuk memahami kebenaran
|
39
|
||
peserta didik dapat menentukan sikap
manusia yang merugikan diri sendiri
|
40
|
||
peserta didik dapat menentukan
sikap kesabaran
|
41
|
||
peserta didik dapat menentuknan
contoh perilaku kerukunan
|
42
|
||
3.7. Memahami bahaya perilaku tindak kekerasan dalam kehidupan
|
Bahaya perilaku tindak kekerasan dalam kehidupan
|
peserta didik dapat menyebutkan
pengertian tindak kekerasan.
|
43
|
peserta didik dapat
mengindentifikasi tindak kekerasan.
|
44
|
||
peserta didik dapat
menentukan firman Allah yang menerangkan tentang prinsip sosial dan
masyarakat sebagai sebuah tubuh.
|
45
|
||
peserta didik dapat
mengidentifikasi penerapan perilaku menghindarkan diri dari tindak kekerasan.
|
46
|
||
peserta didik dapat menentukan dalil
al quran dari perilaku toleransi
|
47
|
||
peserta didik dapat
mengidentifikasikan kerukunan
|
48
|
||
peserta didik dapat menentukan
contoh perilaku toleransi dengan non muslim
|
49
|
||
peserta didik dapat
|
50
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar